Recent Posts

adsense

Kamis, 06 Agustus 2020

Seni Rupa Terapan Nusantara - K 8 Seni Budaya - 6 Agt 2020

Assalammualaikum wr. wb. 
Selamat pagi semuanya, 
Semoga Anak-anak semua selalu dalam kondisi sehat.

Untuk pembelajaran materi pada ,
Hari : Kamis,6 Agustus 2020
Tugas : 
    • Membaca, mempelajari &  memahami materi 
    • Membuat ringkasan materi (1 lembar) dari file materi yg saya kirim

Apabila sudah selesai lalu foto dan silahkan dikirimkan ke wa saya dengan format 
“ DQ - (No Absen) - Nama “
 (Jangan mengirimkan pakai format yang tertera !!!)

Jangan lupa dikerjakan! Terimakasih.
Tetap dirumah & jaga kesehatan selalu!
Tetap olahraga dan jaga kesehatan!

SENI RUPA TERAPAN NUSANTARA

Indonesia merupakan negara yang kaya akan hasil karya seni terapannya. Hal ini terbukti dengan adanya karya seni terapan di wilayah Nusantara. Seni terapan yang ada di daerah-daerah memiliki keunikan masing-masing. Keunikan tersebut menjadi ciri khas hasil karya seni rupa terapan daerah tersebut. Teknik pembuatannya pun membutuhkan keterampilan tangan yang ulet dan tekun dari si pembuat. Teknik pembuatan karya seni rupa Nusantara sangat beragam antara lain dengan teknik batik, sulam, cor, pahat, ukir, butsir, dan sebagainya.  Karya seni rupa Nusantara dapat dibedakan menjadi dua yaitu seni rupa dua dimensi dan seni rupa tiga dimensi. Perbedaan ini dilihat dari wujudnya, apakah hanya berupa bidang datar ataukah berupa benda yang dapat dinikmati dari beberapa sudut pandang.

1.   Seni Rupa Dua Dimensi

Karya seni rupa dua dimensi adalah hasil karya seni rupa yang hanya memiliki ukuran panjang dan lebar saja. Jadi hanya dapat dilihat secara frontal atau hanya dapat dinikmati dari depan.

a.   Seni Lukis

Seni lukis adalah karya seni rupa dua dimensi yang hanya dapat dilihat dari satu arah yaitu dari arah depan. Dari karya seni ini dapat menimbulkan rasa marah, gembira, sedih dan haru, indah, serta bersemangat. Seni lukis pada umumnya menggunakan media cat air, akrilik, tinta bak, dan cat minyak. Media tersebut biasanya dituangkan ke atas permukaan kanvas, kertas, papan tripleks, dan dinding bangunan. Aliran lukisan yang berkembang antara lain.

1)    Naturalisme

Lukisan naturalisme merupakan karya seni lukis yang dibuat dengan mengambil objek sesuai dengan alam nyata, artinya sesuai dengan apa yang ditangkap oleh pandangan mata.

Lukisan naturalisme

 

2)    Realisme

Lukisan realisme merupakan karya seni lukis yang dibuat sesuai dengan kenyataan yang ada, biasanya berupa objek kehidupan rakyat biasa.

Lukisan realisme

 

3)    Ekspresionisme

Lukisan ekspresionisme merupakan karya seni lukis yang dibuat berdasarkan ungkapan perasaan seniman.